Thursday, August 29, 2013

Sejarah Perkembangan Software

Unknown | 9:13 PM | |
Sejarah perangkat lunak berdasarkan perkembangannya dibagi menjadi beberapa era, yaitu Era Pemula (pioneer), Era Stabil. Era Mikro, dan Era Modern. Ada pun informasi global sejarah Software adalah sebagai berikut:

Software.jpg

1. Era Pemula (Pioneer)

Pada awalnya bentuk perangkat lunak adalah sambungan-sambungan kabel antarbagian dalam komputer. Cara mengakses komputer pada era pemula adalah dengan menggunakan punched card (kartu yang dilubangi).

Pada era pemula, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan hardware (perangkat keras). Penggunaan komputer dilakukan secara langsung. Kemudian, hasil yang selesai dikerjakan computer disajikan/ditampilkan dalam bentuk print out. Dalam pengoperasiannya, menggunakan basis intruksi yang diproses secara berurutan.
2. Era Stabil

Pada era stabil, komputer sudah digunakan oleh beberapa kalangan. Perusahaan perangkat lunak pun bermunculan. Perangkat lunak yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut bisa menjalankan beberapa fungsi.

Banyak proses yang dilakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara langsung/cepat (real time). Pada era stabil, mulai dikenal sistem basis data yang memindahkan antara program (pemroses) dengan data/file (yang diproses)
3. Era Mikro

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, perangkat lunak juga semakin berkembang dalam memenuhi kebutuhan perorangan. Pada era mikro, perangkat lunak terbagi menjadi dua,.pertama perangkat lunak sistem yang memiliki tugas dalam menangani internal. Kedua, perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu.
4. Era Modern

Saat ini perangkat lunak bisa ditentukan di mana saja. Bahkan sebuah telepon genggam pun telah dilengkapi dengan perangkat lunak. Perangkat lunak yang ada di dalam handphone sudah disinkronkan dengan PC.

Bukan hanya handphone, bahkan peralatan elektronik lainnya, seperti TV, AC, mesin cuci, dan microwave juga telah dilengkapi dengan perangkat lunak. Perangkat lunak yang terdapat di peralatan elektronik, berfungsi untuk mempermudah pengoperasian peralatan tersebut. Hebatnya lagi, setiap peralatan elektronik tersebut suatu saat bisa saling terhubung.

Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan perangkat lunak pun semakin meningkat dalam permasalahan teknik. Selain itu, saat ini perangkat lunak mulai bisa mengenal suara dan juga gambar.

No comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search